About Us


SEJARAH SMA AVICENNA CINERE

SMP-SMA Avicenna Cinere merupakan sekolah yang sudah berpengalaman. Nama Sekolah Avicenna berasal dari nama seorang Ilmuwan ”Ibnu Sina” yang sangat berjasa bagi perkembangan Ilmu Pengetahuan Modern, yang kemudian nama Ibnu Sina dikenal secara global menjadi AVICENNA.
Cikal bakal sekolah AVICENNA CINERE tidak terlepas dari SMP-SMA Labschool Cinere yang berdiri pada tahun 2002 hasil kerjasama dengan Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta (YP UNJ). Pada tahun 2007 pengelolaan sekolah ini berada di bawah MEDCO FOUNDATION sebagai bentuk Coorporate Social Responsibilty (CSR).

VISI Avicenna Cinere merupakan sekolah dengan karakter unggul, berbasis sains , teknologi dan lingkungan

MISI Misi yang akan dijalankan sekolah Avicenna adalah :

A. Memberikan layanan pembelajaran dengan nilai-nilai agamau dan budaya bangsa untuk membentuk siswa-siswa yang memiliki budi pekerti dan akhlak mulia
B. Membentuk warga sekolah yang sehat jasmani dan rohani
C. Menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan kondusif
D. Membawa warga sekolah peduli terhadap lingkungan hidup
E. Memberikan layanan belajar berbasis sains dan teknologi tepat guna
F. Membangun kesadaran warga sekolah untuk menerapkan dan memanfaatkan teknologi tepat guna
G. Membangun warga sekolah yang berkarakter,kreatif,mandiri,berwawasan kebangsaan dan global serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tangguh.
H. Menumbuhkan jiwa wirausaha (enterpreneurship).

KURIKULUM : SMP-SMA AVICENNA CINERE menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan memperhatikan perkembangan individu berdasarkan keragaman minat, bakat, dan keunggulan setiap siswa. Kurikulum diperkaya sesuai dengan perkembangan sains dan teknologi.

TENAGA PENGAJAR : Tenaga pengajar terdiri dari lulusan S1 dan S2 dari berbagai perguruan tinggi terkemuka dan berpengalaman dalam dunia pendidikan, serta memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya. Sebagai penjaminan mutu, tenaga pengajar secara berkala mengikuti pelatihan dan pengembangan SDM di lingkungan Medco Foundation.

LAYANAN PEMBELAJARAN : Pola layanan pembelajaran kepada peserta didik diarahkan pada layanan self regulated learning (SRL) yang mengedepankan aspek kebutuhan pembelajaran. Dengan SRL akan memunculkan kemandirian siswa terhadap kebutuhan belajarnya. Untuk mendukung program layanan ini maka pembelajaran di arahkan pada pembelajaran yang menyenangkan pada kelas-kelas konsentrasi dengan metode learning project.

FASILITAS BELAJAR : Fasilitas yang lengkap merupakan kebutuhan yang mendasar bagi ketercapaian proses belajar mengajar di sekolah Avicenna Cinere. Untuk itulah maka fasilitas yang disediakan meliputi :
1. Ruang kelas ber- AC
2. Laboratorium (Fisika, Kimia dan Biologi)
3. Laboratorium Komputer yang dilengkapi internet dan Hot spoot
4. Ruang Multimedia
5. Perpustakaan yang akan dilengkapai dengan digital Library
6. Ruang Serba Guna
7. Ruang OSIS dan PMR
8. Ruang Studio Band (SMA)

Selain fasilitas di atas sekolah Avicenna dilengkapi dengan fasilitas penunjang antara lain :
1. Gedung SMP dan SMA yang terpisah
2. Mesjid dan Aula Sholat ( SMA )
3. Ruang UKS
4. Kantin
5. Lapangan Basket dan Futsal yang terpisah
     6. Lingkungan sekolah yang tenang , sehat dan asri

KEGIATAN UNGGULAN : Untuk mencapai tujuan pendidikan yang melahirkan generasi yang unggul maka sekolah Avicenna Cinere mengembangkan jenis-jenis kegiatan antara lain :
A. Community of Reaserch and Study ( CRaS )
B. Student Social Responsibility ( SSR )
C. Lari Kemerdekaan
D. Bintama Dirgantara
E. Field Trip
F. Karya Ilmiah Siswa
G. Enterpreneurship Expo
H. Studium General
I. Forum Siswa (SMP)
J. Kaderisasi Siswa Indonesia Pelopor (SMP)
K. Pesona Ramadhan
L. Festival Budaya
M. LDKS
N. Lari Kemerdekaan
O. KOB
P. Proyek Belajar
Q. Student Performance
      R. Smart Buisness Competition

INTRA DAN EKSTRAKURIKULER : Untuk dapat mengembangkan bakat dan minat siswa, maka dikembangkan suatu system kegiatan Intra dan Ekstrakurikuler yang bersertifikasi, yaitu kegiatan intra dan ekstrakurikuler yang memperoleh pengakuan dari lembaga-lembaga terkait. Intra dan Ekstrakurikuler dibagi menjadi kelompok-kelompok peminatan antara lain :
1. Sains dan Teknologi ( MIPA dan IT )
2. Bahasa
3. Patriotisme
4. Lingkungan
5. Sport
6. Art
      7. Enterpreneurship

MITRA KERJA : Kami membangun kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta untuk mengembangkan potensi siswa-siswi kami dalam minat dan bakatnya. Antara lain :
A. Depdiknas
B. PUSDIKPASSUS TNI AD
C. TNI AU Lanud Atang Sandjaja
D. PMI
E. BTA ( Bimbingan Tes Alumni )
F. Medco Energi
G. Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UI